Belum Genap Sepekan Dibangun, Jalan Sondol-Kubang Sepat Retak-Retak

526 views
banner 468x60

 

Banten Inspiratif.com | Belum genap satu pekan ruas jalan Sondol-Kubang Sepat, Kecamatan Citangkil, Kota Cilegon, Banten, selesai dibangun, namun sejumlah titik di ruas jalan tersebut banyak yang sudah retak dan pecah. Warga sekitar khawatir jika kondisi ini dibiarkan, maka kondisi jalan akan cepta rusak.

Kholil seorang warga mengatakan, bahwa retaknya jalan dan banyaknya kondisi coran berlubang terjadi setelah dua hari dicor.

“Saya juga enggak ngerti apa penyebab, jalan retak ini. Waktu saya jalan-jalan pagi, selang dua hari jalan ini selesai dicor, kok banyak yang retak,” katanya.

Dalam papan proyek tertera bahwa selaku kontraktor adalah PT Sepakat Jaya Bersama, dengan nomor kontrak 620/008/SP/Peningkatan/PPK-BM, tertanggal kontrak 21 Juni 2017 nama proyek pembangunan dan peningkatan jalan dan jembatan Jl Kubang Lesung-Sondol, panjang 2.432 M dan lebar 6,50 M dengan anggaran 9.928.880.000.

Koordinator Barisan Rakyat Anti Korupsi (Barak), Danils mengatakan, ada beberapa kemungkinan yang menyebabkan konstruksi rigid pavement (cor beton) dapat mengalami kerusakan dalam waktu singkat.
“Bisa karena karena penyusutan beton selama masa perawatan atau felat beton terlalu panjang. Bisa juga karena pelat beton kurang tebal, atau bahkan mutu yang kurang baik,” ujarnya.

Menurutnya, harus ada uji mutu untuk rigid, diteliti kembali oleh user, agar tidak menerima fisik yang kurang baik, retak melincang kondisi coran menggumpal.
“Banyak faktor yang menyebabkan kondisi jalan retak dan berlubang. Dalam hal ini pelaksana proyek harus bertanggungjawab dan sewajarnya bisa melaksanakan pekerjaan sesuai speksifikasi,” terangnya.

Danils menambahkan, terkait masyarakat sekitar yang menginginkan dibongkar ulang, itu adalah hak masyarakat karena dampak utamanya adalah masyarakat disepanjang jalan tersebut.
“Kalau kondisi jalan yang baru tujuh hari dibangun kondisinya sudah rusak, maka wajar kalau warga menuntut hal tersebut,” pungkasnya. (Adnan)

banner 468x60)

Posting Terkait

banner 468x60