Budaya Seni Tradisi Nyaris Mati Suri, Bandrong Cilegon Menggelar Resepsi

130 views
banner 468x60

Banten Inspiratif, CILEGON – Terkikisnya seni budaya tradisi yang terus nyaris berkurang eksistensinya  di tengah gerusan perkembangan jaman masyarakat modern, membuat Para jawara Bandrong kota Cilegon terus bertekad pertahankan existensi seni budaya dan tradisi Banten dengan menggelar seni tradisi yang dirangkaikan dalam  acara resepsi Walimatul Ursyi sekaligus  Walimatul Hamli putri Ketua  Dewan Pimpinan Daerah Bandrong Kota Cilegon, Senin (28/1/19), di Link – Wates Telu, Kelurahan Kotabumi Kecamatan Purwakarta Kota Cilegon.

 

Seni budya dan tradisi yang nyaris hilang tersebut merupakan bentuk warisan leluhur yang terus harus di pertahankan oleh generasi muda.

Pageleran seni dan budaya Banten seperti, terbang rudat, yalil, ubrug, debus dan pentas seni kembali di mainkan oleh para jawara bandrong dalam resepsi pernikahan Rita Magesta dan Supriyatna putri  dari Ketua DPD Bandrong Kota Cilegon,

 

Mustasyim Madyaksa Ketua DPD Bandrong kota Cilegon menyampaikan, bersama 232 padepokan bandrong yang ada di Kota Cilegon akan terus mempertahankan tradisi dan budaya asli Banten,

 

“Seni dan Budaya asli Kota Cilegon tidak boleh mati, kami bersama jajaran akan berjuang mati – matian untuk mempertahankan sekaligus  menggaungkan kembali seni budaya yang kami anggap sudah mati suri. Bersama dengan 232 padepokan  yang ada di Kota Cilegon akan terus kami pertahankan itu, karena itu merupakan warisan pendahulu kami yang di dalamnya ada nilai gotong royong dan persatuan masyarakat  indonesia, meski pemerintah Kota Cilegon masih kurang perhatian terhadap seni budaya tersebut”, kata Ketua DPD Bandrong Cilegon.

 

Hal senada di ungkapkan pembina DPD Bandrong Kota Cilegon H. Aldin, dia mengintruksikan kepada seluruh jajaran DPC dan padepokan agar tidak terlena dengan seni dan silat bandrong saja,

 

“Lewat DPD Bandrong Cilegon, di intruksikan kepada seluruh DPC dan 232 padepokan untuk  mempersiapkan cikal bakal atlit bandrong, bina anak didik kita, agar mereka bisa tampil dalam kancah prestasi. Seperti pertandingan dalam kejuaraan tingkat Kota, tingkat Provinsi bahkan tingkat Nasional, sebagai langkah mempertahankan dan menggaungkan kembali seni dan budaya yang nyaris mati suri”, tegas Aldin.

Sementara itu, H. Syafruddin selaku ketua umum pusat Bandrong Banten  mengatakan, sangat mengapresiasi perkembangan Persatuan Pencak Silat  Bandrong di Kota Cilegon,

 

“Saya sangat mengapresiasi perkembangan Bandrong kota Cilegon yang sangat signifikan, dan memang layak menyandang predikat pilot project di antara DPD lain yang tersebar di 14 provinsi se indonesia.” Tuturnya.

 

“Saya juga berharap ini merupakan motifasi bagi DPD – DPD lain di indonesia, agar bisa mengikuti jejak DPD Bandrong kota cilegon.” Harapnya, saat datang memberikan doa restu dalam acara resepsi pernikahan putri ketua DPD Bandrong cilegon tersebut. (Emi/Red)

banner 468x60)

Bandrong Cilegon Menggelar Resepsi Budaya Seni Tradisi Nyaris Mati Suri

Posting Terkait

banner 468x60