Tingkatkan Kesejahteraan, Bagendung Berdayakan Pengangguran

82 views
banner 468x60

Banten Inspiratif, CILEGON – Kelurahan Bagendung, Kecamatan Cilegon, Kota Cilegon masih kesulitan dalam  meningkatkan perekonomian dan mengentaskan pengangguran. Salah satu kendala diantaranya terkiat merekrut Sumber Daya Manusia (SDM) untuk diberdayakan dalam kegiatan Usaha Kecil Menengah (UKM). Rabu 5/12.

Kepala Kelurahan Bagendung Safiudin saat di temui di kantornya menjelaskan, saat ini pihaknya tengah memberdayakan Usaha Kecil Menengah (UKM) yang ada di wilayah Kelurahan Bagendung, Kecamatan Cilegon, Kota Cilegon. Namun dirinya mengaku masih menemui kesulaitan dalam melakukan perekrutan Sumber Daya Alam (SDM) untuk diberdayakan Dalam pengeraaan kerajinan hasil UKM yang berada di Kelurahan Bagendung, Kecamatan Cilegon, Kota Cilegon.

Safiudin menyampaikan bahwa, “saat ini dikelurahan Bagendung sudah ada sekitar 80 UKM yang sudah diberdayakan, mulai dari Remaja hingga ibu-ibu. Hal  itu dilakukan dalam rangka meningkatkan perekonimian dan mengentaskan pengangguran yaag ada di Kelurahan Bagendung”, ujarnya.

Safuidin menjelaskan, Adapun kegiatan yang dilakukan dalam UKM tersebut adalah, salah satu kegiatan UKM yang sedang dicanangkan adalah pembuatan kerajinan tangan atau handycraft dari bambu dan manik-manik. Oleh karena itu, pihaknya saat ini tengah fokus kepada kerajinan handycraft atau kerajinan tangan yang dilakukan oleh ibu-ibu PKK. bukan hanya handycraft namun juga membuat hantaran dari manik-manik. Menurutnya, untuk menciptakan sebuah kreativitas dan inovasi dengan bermodalkan bambu yang ada di lingkungan kelurahan Bagendung.

“pembuatan handycraft dari bambu tersebut berupa bingkai foto dan miniatur-miniatur seperti motor dan juga masjid. Sedangkan produk dari manik-manik berupa hantaran, kotak tisu dan lainnya. Pihaknya juga terus memberikan motivasi, untuk menggali potensi dan membaca pangsa pasar”, jelasnya.

Ia mengungkapkan untuk Membuat handycraft dari bahan bambu ini memang membutuhkan keuletan, kegigihan dan kesabaran. pihaknya akan terus mendorong sumber daya manusia (SDM) khususnya pemuda dan pemudi untuk permberdayaan ekonomi di lingkungannya. Pihaknyajuga memanfaatkan anggaran DPW-Kel untuk pemberdayaan ekonominya.

“Saat ini Kami mendorong SDM-SDM yang berkualitas, Kita juga ajak pemuda-pemuda yang masih profuktif agar dipikiran mereka tidak hanya harus mencari pekerjaan tapi manfaatkan peluang dan gali mindset kita sesuai dengan pangsa pasar. UKM ini untuk pemberdayaan ekonomi juga, kami arahkan ke masyarakat untuk mengurangi angka pengangguran yang ada di Kelurahan Bagendung, Kecamatan Cilegon, Kota Cilegon”, ungkapnya. (Red)

banner 468x60)

bagendung berdayakan pengangguran meningkatkan kesejahteraan

Posting Terkait

banner 468x60