Dengan MTQ Diharapkan Dapat Membangun Moral Bangsa

71 views
banner 468x60

Banten Inspiratif, CILEGON –  Pembukaan Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-18 tingkat Kota Cilegon dibuka di Lapangan Bola Simpati Kecamatan Purwakarta, Selasa (12/02).

Plt. Walikota Cilegon, Edi Ariadi yang membuka acara tersebut dalam sambutannya menjelaskan bahwa MTQ ke-18 ini mengangkat tema “Jadikan Al-Qur’an sebagai petunjuk dan rahman bagi seluruh alam”

 

Lebih lanjut, Edi mengajak kepada Masyarakat Kota Cilegon untuk tidak hanya menjadilan MTQ ini sebagai seremonial saja. “Mari kita jadikan penyelenggaraan MTQ ini tidak hanya bersifat seremonial saja, namun lebih dari itu menanamkan rasa cinta sejak dini bagi generasi muslim dalam mempelajari Al-Qur’an, meningkatkan potensi, minat dan bakat serta menjadikan insan yang unggul dan cerdas dalam segala disiplin ilmu pengetahuan,” ungkapnya.

 

Edi juga mengatakan bahwa peserta MTQ ini merupakan binaan dari Pemerintah Kota Cilegon. “Peserta MTQ ini merupakan hasil pembinaan secara bertahap yang telah kita lakukan melalui lembaga Pondok Pesantren, Madrasah dan Jam’iyyatul Qubra yang memiliki output sangat bagus sekali, dan saya berharap kedepan pembinaan terhadap Qori-Qori’ah, Hafidz-hafidzah dan cabang-cabang dalam ilmu Al-Qur’an terus digalakkan pada tiap-tiap Kecamatan, sehingga kedepan timbul bibit-bibit Qur’ani yang handal dan mampu memahami isi kandungan Al-Qur’an,” jelasnya.

 

Selain itu, Edi juga mengingatkan bahwa ajang MTQ ini merupakan bagian dari pembangunan moral bangsa. “MTQ merupakan bagian tak terpisahkan dari pembangunan nasional, khususnya pembangunan moral bangsa, oleh karena itu, kecintaan membaca dan mempelajari Al-Qur’an ini harus kita tumbuh kembangkan dikalangan anak-anak kita seperti melalui pengajian baik di rumah, di masjid dan sekolah,” tuturnya.

 

Pada kesempatan itu, Edi mengungkapkan kebanggaannya kepada seluruh peserta yang semua berasal dari Kota Cilegon. “Pada kesempatan yang baik ini, saya merasa bangga, karena seluruh peserta yang akan tampil merupakan asli putra putri Kota Cilegon yang identittas dirinya telah divalidasi dan di kroscek secara teliti, dan ini sudah menjadi komitmen kita dari tahun-tahun sebelumnya” terangnya.

 

Sementara itu, Camat Kecamatan Purwakarta, Balukia menjelaskan tujuan kegiatan MTQ ini untuk meningkatkan potensi minat dan bakat Masyarakat dalam mempelajari Al-Qur’an. “Maksud dan tujuan kegiatan ini adalah untuk menjadikan generasi Qur’ani yang unggul dan cerdas dengan meningkatkan potensi, minat dan bakat bagi Putra-putri asli Kota Cilegon dalam mempelajari Al-Qur’an,” katanya.

 

MTQ ke-18 ini melombakan 9 cabang dan golongan yang dilaksanakan di 9 tempat di Kecamatan Purwakarta dengan peserta sebanyak 413 peserta dari 8 Kecamatan di Kota Cilegon dan dewan hakim berjumlah 88 orang dilaksanakan sampai dengan tanggal 15 Februari 2019. (Rls/Red)

banner 468x60)

Dengan MTQ Diharapkan Dapat Membangun Moral Bangsa

Posting Terkait

banner 468x60