Tuntut Stop PT. Dover Berproduksi, Puluhan Warga Kalibaru Ngadu Ke DPRD Cilegon

29 views

Banten Inspiratif, CILEGON – Puluhan masyarakat asal  lingkungan Kalibaru, RT 04/02 kelurahan Gerem Kecamatan Grogol datangi komisi II untuk mengadukan nasibnya,  sekaligus meminta dukungan agar dapat membantu menyelesaikan persoalan terkait kebocoran Gas yang kerap di timbulkan oleh PT. Dover (Plant B). Masyarakat menuntut Hak Hidup mereka yang di lindungi UUD. Meski persoalan ini sudah sampai ke kementrian Lingkungan Hidup dan kementrian Hukum dan HAM, namun sampai saat ini PT. Dover tetap beroperasi dan tidak pernah mendapat sangsi apapun.

Herlan salah satu pemuda Gerem mengatakan, kedatangannya bersama puluhan Masyarakat ini meminta dukungan Komisi II untuk merekomendasikan kepada ketua DPRD dan  Komisi IV yang membawahi lingkungan hidup, untuk memanggil pihak PT. Dover sekaligus  mengabulkan dua tuntutan, Relokasi atau Dover Stop berproduksi.

“Singkat saja, karena kejadian ini berulang kali, dicatatan saya hampir 7 kali. Relokasi masyarakat Kalibaru atau Dover stop produksinya, singkatnya itu saja,” ujar Herlan dengan lantang.

Demikian juga di katakan ketua RT 04/02 link.  Kalibaru Afa Saufan menegaskan, Masyarakat kalibaru sudah jemu berurusan dengan PT. Dover. Sejak berdirinya (Plant B) PT. Dover ini, masyarakat kerap mengalami keresahan bahkan menimbulkan ketakutan, kejadian bau gas yang menyengat dan berulang-ulang hingga menyebabkan korban jiwa, tetap saja tidak mempengaruhi beroperasinya PT. Dover Plant B tersebut

“Kami sudah cape berurusan dengan Dover, kami tidak memiliki kekuatan, kami tidak punya duit. Tolong bantu selesaikan pak,” tandasnya,

Sementara itu, Ketua Komisi II Faturohmi sangat menghormati aspirasi masyarakat lingkungan Kalibaru, dirinya akan menindak lanjuti aspirasi tersebut. Kendati demikian dirinya akan menunggu surat pengaduan secara tertulis dari masyarakat lingkungan Kalibaru, dikarenakan ada mekanisme yang harus di tempuh. Akan tetapi diluar itu, kata dia, secara pribadi persoalan tersebut akan segera di laporkan kepada pimpinan.

“Intinya kami dari Komisi II, akan segera berkoordinasi dengan Pimpinan, agar persoalan ini segera ditindak lanjuti dengan instansi terkait. Pada prinsipnya saya selaku ketua Komisi II, dengan teman-teman anggota sudah berkomitmen penuh untuk membantu masyarakat secara penuh,” tutupnya.

(*1 Red)

cilegon Puluhan Warga Kalibaru Ngadu Ke DPRD Cilegon Tuntut Stop PT. Dover Berproduksi

Posting Terkait