​Kepemimpinan Kepala Sekolah: Ubeddilah Spd.I (Kepala Sekolah Madrasah Aliyah Bani Nawawi)

781 views

Banten Inspiratif. CILEGON – Dalam penerapannya kepala sekolah harus memiliki kriteria dalam hal Konstruktif, kreatif, kooperatif, delegatif, integratif, rasional dan objektif merupakan sebagian Prinsip Kepemimpinan. Kepemimpinan sekolah atau kepala sekolah pun harus memiliki Prinsip kepemimpinan, memiliki kepribadain yang kuat serta harus memahami tujuan pendidikan yang baik, memiliki pengetahuan yang meliputi : Keterampilan teknis, keterampilan hubungan kemanusiaan dan keterampilan konseptual.

Didalam Kepmimpinannya Ubeddilah Spd.I menyampaikan, “Saya selaku Kepala Sekolah Madrasah Aliyah Bani Nawawi harus memiliki cara/usaha dalam mempengaruhi, mendorong, membimbing, mengarahkan dan menggerakkan guru, staf, siswa dan pihak lain yang terkait untuk bekerja/berperan serta guna mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Seorang Kepala Sekolah pun sering disebut sebagai EMASLIM, yaitu Edducator, Manager, Administrator, Supervisor, Leader, Inovator, dan Motivator”.dalam penyampaian Ubeddilah

Ubeddilah pun menambahkan dalam peranan kepala sekolah harus memiliki dasar-dasar kriteria kepemimpinan yang dimiliki oleh setiap kepala sekolah seperti halnya,

Pertama, Kepala Sekolah sebagai pendidik (Edducator) Sebagai seorang pendidik (Edducator ) seorang kepala sekolah harus mampu mendorong guru, staf dan siswa secara intensif dan membina staf agar dapat memberikan wawasan kepada bawahan melalui kegiatan diskusi, brainstorming dan rapat-rapat.

Kedua, Kepala Sekolah sebagai Pengelola (Manager) Dalam pencapaian misi dan tujuan sekolah seorang kepala sekolah pun memiliki gambaran, target dan visi selama masa jabatannya menjadi kepala sekolah yaitu dalam bentuk visi dan misi sekolah program jangka panjang serta program jangka menengah dan program jangka pendek.

Ketiga, Kepala Sekolah sebagai Administrator. Pengadministratoran program pengajar yang meliputi koordinasi jadwal kegiatan, perangkat evaluasi dan dokumen penunjang serta ketatausahaan yang meliputi koordinasi tata persuratan dan kerarsipan, kepegawaian, perlengkapan, keuangan, kesiswaan, kerjasama serta unit produksi, sarana dan prasarana meliputi invetarisasi peralatan dan bahan serta jadwal pemeliharaan serta perbaikan.

Keempat, Kepala sekolah sebagai Pemimpin (Leader) Kepala sekolah sebagai pemimpin harus bisa mejadi teladan dalam aspek dan memiliki sifat kepemimpinan yang dapat dibanggakan dan disayangi oleh seluruh warga sekolah tidak bersifat double standard dan tidak alergi terhadap kritik bawahan, kepala sekolah harus konsisten antara perkataan dan perbuatan, memiliki pendelegasian wewenang, dapat memberi dorongan serta meningkatkan semangant kerja staff. Dan dalam hal keputusan harus bisa mengambil keputusan dan mengatasi permasalahan dengan cepat dan tepat (tidak ada masalah yang tertunda), kreatif dalam mengembangkan sekolah.

Ke lima Kepala sekolah sebagai inovator. Harus banyak memiliki gagasan-gagasan terbaru dalam aspek membangun, berani menaggung resiko, percaya diri yang tinggi dan berani memanfaatkan serta menciptakan peluang demi tercapainya tujuan.

Dan yang Terakhir Kepala sekolah sebagai Motivator. Pendorong, penggerak, menerapkan rasa pengakraban, kekeluargaan, dan memberikan reward kepada yang berprestasi dan berani memberikan sangsi bagi pelanggar serta pemalas, harus dimiliki sang motivator untuk menjalankan roda penggerak keberhasilan dalam memimpin.

Harapan Ubeddilah Sebagai Kepala Sekolah Madrasah Aliyah Bani Nawawi yang ada dilingkungan Glereng Kelurahan Randakari Kecamatan Ciwandan Kota Cilegon mengharapkan kepda para Institusi Pemerintah harus lebih memberikan pemahaman dan pelatihan kepada seluruh kepala sekolah yang ada diwilayah Kabupaten-kota agar bisa menciptakaan pemimpin-pemimpin sekolah yang berkridibilitas dan berintigritas yang memadai yang mampu memberikan contoh kepada warga sekolah khsusnya kepada tenaga pengajar dan para siswa yang masih dalam pembentukan karakter keperibadian yang berkualitas.

“Saya berharap agar pemerintah Kota harus lebih mengutamakan untuk memberikan penyuluhan dan pemahaman kepada setiap Kepala Sekolah Negri ataupun Swasta agar Pemimpin sekolah (Kepala Sekolah) mampu menerapkan hal-hal yang menyangkut kepemimpinan dasar terhadap segala elemen yang ada dilingkungan sekolah.” ujar Ubeddilah. @Lidya

kepemimpinan kepala sekolah ubeddilah kepala sekolah bani nawawi

Posting Terkait