Anggota Paskibra Kota Cilegon Terus Mantapkan Persiapan

496 views
banner 468x60

Sebanyak 85 anggota Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) Kota Cilegon yang kini telah memasuki tahap pra pemusatan terus mematangkan persiapan. Mereka akan mengibarkan Sang Merah Putih pada upacara peringatan detik-detik proklamasi di Alun – alun Kota Cilegon pada 17 Agustus 2018 mendatang.

Dalam hal ini Purna Paskibra Indonesia (PPI) Kota Cilegon mulai mempersiapkan Pasukan Pengibar Bendera Merah Putih untuk bertugas pada Upacara Peringatan Hari Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. Tahap seleksi anggota Paskibra Kota Cilegon sudah dilakulan sejak bulan Maret 2018 lalu.

Anggota Paskibra Cilegon tahun 2018 ini juga merupakan para siswa yang telah lolos seleksi diambil dari beberapa pelajar kelas dua SMA di Kota Cilegon dengan kriteria tinggi badan dan memiliki kesehatan yang sangat baik.

Kasi Pemberdayaan Organisasi Pemuda pada Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Cilegon Tubagus Sofat mengatakan, ada beberapa tahap yang perlu dilakukan dalam melakukan persiapan anggota Paskibra.

“Pelajar itu ada tiga tahap, tahap seleksi, pra pemusatan dan pemusatan. Semua sudah dipersiapkan. Seleksi di bulan maret sudah selesai, sekarang sudah tahap pra pemusatan menghasilkan 85 orang. Untuk angkatan 45 itu akan ikut pemusatan kemungkinan nanti tanggal 1 Agustus. Yang masuk paskibra itu, pelajar, angkatan 45 itu terdiri dari Kodim, TNI AL dan kepolisian,” ujarnya.

Sofat juga menjelaskan, bahwa anggota Paskibraka yang saat ini berlatih merupakan hasil seleksi dari total sebanyak 400 orang lebih yang mendaftar dari seluruh sekolah tingkat SMA sederajat di Kota Cilegon. Lebih lanjut, ia berharap kepada calon Paskibraka Kota Cilegon yang akan mengibarkan Bendera Merah Putih pada Upacara HUT RI nanti dapat berlatih dengan serius agar mendapatkan hasil yang maksimal dalam pelaksanaanya.

“Berlatih dengan serius, namun tetap dengan suasana gembira dengan suasana riang, tanpa beban, agar nanti hasilnya pada 17 Agustus dapat melaksanakan tugas dengan sebaik mungkin,” pungkasnya

Menurutnya, semakin banyak siswa para remaja, pemuda yang memiliki kemampuan seperti Paskibraka, maka akan semakin banyak pula kader penerus pembangunan nasional yang berkualitas, sebab semua sudah maklum dengan kualitas pendidikan dan latihannya.

“Seleksi tahap akhir kita akan menitik beratkan kepada kehadiran dan stamina fisik mereka. Nantinya akan dipilih juga sebagai petugas khusus pengibar bendera sebanyak 3 orang putra dan pembawa bendera atau baki 1 orang putri. Untuk pemilihan dua anggota khusus itu harus mempunya kreatifitas yang lebih, fisik yang lebih dan juga mental yang lebih,” ujarnya. (ris)

banner 468x60)

Posting Terkait

banner 468x60