BNPB Banten Laksanakan Table Top Exercise Tingkat Nasional di Cilegon

207 views

Cilegon | Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Provinsi Banten melaksanakan Table Top Exercise (TTX) tingkat Nasional. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Hotel Horizon Forbis Cilegon, Rabu 3 Oktober 2018.

Dalam kegiatan tersebut dihadiri oleh, Plh. Direktur Kesiapsiagaan BNPB Provinsi Banten Lilik Kurniawan, Assisten Daerah II Dana Sulaksana, Kelapa BPBD Cilegon Rasmi Widiyani, perwakilan Kodim/0623, perwakilan Polres Cilegon, perwakilan Kementrian Kehutanan, Lingkungan Hidup, Kementrian Kesehatan, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), dan sebanyak 120 perserta yang terdiri dari pihak industri dan masyarakat yang mengikuti kegiatan tersebut.

Plh. Direktur Kesiapsiagaan BNPB Provinsi Banten Lilik Kurniawan dalam sambutannya mengatakan, bahwa tujuan dari pelaksanaan TTX Nasional ini untuk meningkatkan kesiapsiagaan berbagai pihak terhadap ancaman bencana dikawasan Kota Cilegon.

“Penyelenggaraan TTX ini mempromosikan prosedur untuk memfasilitasi berbagai informasi dan kapasitas tanggap darurat yang cepat, untuk ketangguhan ditingkat kota dan provinsi. Kota Cilegon memiliki kawasan industri terkait dengan bahan kimia berbahaya, sedangkan kawasan ini juga memiliki potensi terdampak bencana,” ujarnya.

Ia juga mengatakan, bahwa urgensi latihan TTX di Kota Cilegon salah satunya untuk peningkatan kesiapsiagaan untuk kawasan yang berpotensi bencana industri.

“Wilayah ini termasuk 136 Kabupaten/Kota sebagai wilayah dengan pertumbuhan ekonomi tinggi namun disisi lain memiliki indeks resiko bencana tinggi yang tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMD) 2018 – 2019,” jelasnya.

Lilik berharap, Kesiapsiagaan masyarakat dan pemerintah dari semua level, Kabupaten, Provinsi dan Nasional, perlu senantiasa ditingkatkan dalam menghadapi rapid on set disaster seperti tsunami yang susul dengan bencana industri. (Nanda)

Posting Terkait