Tema HUT-72 Kemerdekaan RI Di Desa Ini Mengharukan

2312 views
banner 468x60

Banten Inspiratif.com | Mancak – Kita tahu tanggal 17 Agustus kemarin kita bangsa Indonesia merayakan Hari Kemerdekaan yang ke-72 tahun. Berbagai lapisan masyarakat menyambut dan merayakannya dengan penuh suka cita. Lalu, ketika hari itu tiba ada banyak cara yang dilakukan masyarakat untuk merayakannya, seperti upacara bendera, pentas seni dan budaya, serta tak ketinggalan pula mengikuti berbagai lomba permainan-permainan rakyat yang sejak dulu biasa meramaikan acara 17 Agustus-an.

Tema yang diusung pun sangat beragam, dari tema semangat perjuangan, kebersamaan mengisi kemerdekaan yang penuh makna dan motivasi pembanguanan. Namun jarang sekali menemukan tema yang mengharukan, seperti tema yang diusung oleh pemuda-pemudi di Rt 04/03 Desa Sangiang Kecamatan Mancak Kababupaten Serang – Banten, yakni “BAHAGIAKAN DIRIMU DENGAN MEMBAHAGIAKAN ORANG LAIN”, sangat mengharukan dan menyentuh hati bukan?

Salah seorang pemuda dari Kadu Embe, Alwi, terkait tema tersebut menuturkan, bahwa esensi kemerdekaan bagi warga desanya adalah kemerdekaan itu harus membahagiakan orang.
“Untuk bisa membahagiakan orang, maka kita semua harus bekerja keras. Bekerja keras dengan memperbaiki pendidikan, mengurangi kemiskinan, dan memperkecil kesenjangan kesejahteraan warga,” kata Alwi.

Pemuda lainnya, Feri Irawan, dari Kampung Kadu Embe menceritakan kemeriahan perayaan kali ini.

“Perayaannya menurut saya sangat meriah, walaupun mungkin tidak semeriah di tempat lain, tapi bukan kemeriahannya yang saya dan panitia cari namun yang saya dan panitia cari yaitu kebahagiaan mereka saat mengikuti lomba. Karena saya dan panitia punya satu kalimat yang memotifasi saya dan panitia yaitu “ BAHAGIAKAN DIRIMU DENGAN MEMBAHAGIAKAN ORANG LAIN”, , kata-kata itulah yang membuat saya dan panitia terdorong untuk mengadakan lomba,” ujar Feri bersemangat.

Ketua Panitia Asep Suhendar, mengungkapkan kebanggaannya sebab dirinya serta segenap panitia serta warga masyarakat bisa ikut serta dalam memeriahkan HUT RI yang ke-72 ini.

“Dengan menyelenggarakan lomba rakyat , yang diikuti oleh anak-anak, ibu-ibu, bapak-bapak yang ikut serta dalam lomba-lomba yang diselenggerakan pada HUT RI KE 72 ini , mereka sangat antusias dalam mengikuti lomba-lomba yang ada. Jenis lomba yang saya dan panitia selenggarakan yaitu lomba balap karung, lomba makan kerupuk, lomba balap karung memakai helm, lomba pukul air, lomba balap kelereng memakai sendok, lomba main bola memakai aqua botol dan lomba-lomba yang lainnya,” terangnya.

Satu lomba yang sangat menarik perhatian dan membuat hampir semua orang yang melihat tertawa yaitu lomba balap karung memakai helm. Seperti yang ungkapkan oleh peserta lomba balap karung memakai helm.

Rian (10), salah satu peserta balap karung memakai helm berceloteh.
“Saya sangat senang bisa mengikuti lomba ini, lomba ini juga sangat seru beda dari lomba-lomba yang lain yang saya ikuti sebelumnya,” celotehnya.

Hal senada juga diungkapkan oleh salah satu peserta lomba balap karung, ibu Njul (40). “Saya sangat senang karna saya bisa mengikuti lomba yang di adakan oleh panitia dalam memperingati HUT RI yang ke 72 ini, dan semoga pada peringatan HUT RI tahun depan lebih meriah lagi dari tahun ini,” harapnya sambil tersenyum. (didi)

 

 

 

banner 468x60)

Posting Terkait

banner 468x60