Camat Cibeber Wajibkan Pegawainya Bisa Bebasan

1080 views
banner 468x60

www.banteninspiratif.com | Camat Cibeber wajibkan setiap pegawai Kecamatan dan Kelurahan yang berada di daerah Cibeber untuk bisa bahasa Jawa alus Banten atau bebasan.

Bahasa tersebut dilaksanakan setiap hari Kamis yang semua pegawai Kecamatan harus bisa bahasa tersebut saat pelayanan maupun saat mengobrol.

Camat Cibeber Noviyogi Hermawan mengatakan, kebijakan pribadi ini sudah berjalan 2 minggu di Kamis besok. Kebijakan ini juga untuk melestarikan budaya lokal yang hampir hilang di kalangan anak-anak muda sekarang.

“Banyak dari mereka yang menggunakan bahasa Indonesia ke orang tua mereka tapi bahasa tersebut tidak sopan. Makanya kita akan tumbuhkan lagi bahasa lokal ini ke kalangan anak muda dan ke Pegawai Kecamatan Cibeber yang belum mengerti bahasa bebasan,” kata Noviyogi saat ditemui di kantornya, Rabu,19 Juli 2017.

Noviyogi menjelaskan, bahasa Bebasan ini diwajibkan, khusunya untuk aparatur Pemerintah Kecamatan Cibeber. “Banyak anak anak muda sekarang yang tidak memahami budaya lokal dalam konteks bahasa halus Banten nya. Ini juga bentuk sosialisasi dengan menggunakan pelayanan langsung dengan menggunakan bahasa bebasan,” ujarnya.

“Walapun tidak ada sanksi untuk pegawai yang tidak bisa bebasan, tapi kami berharap setiap pegawai pada hari Kamis harus menggunakan bahasa Jawa halus dalam melakukan pelayanan kepada masyarakat,” tambahnya. (*)

banner 468x60)

Posting Terkait

banner 468x60