Cilegon Akan Menggelar  Ethnic  Carnival

105 views
banner 468x60

Banten Inspiratif, CILEGON – Kota Cilegon merupakan kota industri yang terletak diujung barat Pulau Jawa. Lokasimya yang sangat strategis menjadikan Cilegon sebagai kota yang memiliki magnet bagi pelaku industri untuk berinvestasi. Ratusan industri berskala nasional bahkan internasional tumbuh dan beroperasi di Kota Cilegon.

 

Banyaknya industri yang tumbuh menjadikan Cilegon sebagai daerah heterogen. Banyak pendatang dari berbagi wilayah di Indonesia bahkan para ekspatriat datang ke Kota Cilegon dengan tujuan untuk bekerja maupun berniaga. Adanya berbagai etnis atau suku bangsa yang telah lama tinggal dan menetap, membuat Cilegon dapat disebut sebagai Kota Multi Etnis.

 

Untuk dapat mewadahi kehidupan sosial budaya masyarakat Cilegon yang multi etnis agar satu sama lainnya saling memahami dan menghargai, maka Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Cilegon mengadakan kegiatan dimana salah satunya adalah Cilegon Ethnic Carnival, yang bertujuan menunjukan kepada publik akan keragaman dan keharmonisan kehidupan berbangsa dan berbudaya diantara masyarakat Cilegon.

 

Tahun 2019 merupakan tahun ke-6 dari penyelenggaraan Cilegon Ethnic Carnival dan Tema pada tahun ini adalah Kemonesan Budaye Nusantara. Format penyelenggaraan Cilegon Ethnic Carnival 2019 yaitu berupa pentas seni, karnaval kostum etnik, serta parade budaya dengan mengeksplorasi keanekaragaman budaya dari masing – masing daerah yang ada di Nusantara. Penyelenggaraan kegiatan/ event ini akan diikuti oleh berbagai elemen masyarakat diantaranya Paguyuban Etnis, Komunitas Budaya, Organisasi Wanita, Organisasi Pemuda, Stakeholder Pariwisata, Industri, Sekolah, serta Kabupaten/Kota yang ada di Propinsi Banten

 

Cilegon Ethnic Carnival ini akan digelar Sabtu 24/8/2019, star depan kantor Walikota Cilegon – Rumah dinas Walikota/Masjid Agung Cilegon pukul. 19.00 – 23.00 Wib. Selain untuk memeriahkan HUT RI ke-74, juga untuk memberikan ruang hiburan bagi masyarakat Kota Cilegon dan sekaligus sebagai ruang apresiasi bagi para pelaku seni dan masyarakat di Kota Cilegon. Event ini juga dapat dimanfaatkan untuk membangun ikon baru Kota Cilegon sebagai kota industri yang berbudaya, serta menjadi ajang promosi pariwisata dalam rangka meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke Kota Cilegon.

(*Narasi)

banner 468x60)

Cilegon Akan Menggelar  Ethnic  Carnival

Posting Terkait

banner 468x60