Irigasi Teluk Bakau Tercemar Limbah, Warga Di Rugikan  

27 views
banner 468x60

 

Banten Inspiratif, SERANG – Saluran air irigasi di Lingkungan Teluk Bako, Desa Mangku Negara, Kecamatan Bojonegara Kabupaten Serang airnya berubah warna menjadi kemerahan. Sehingga hal tersebut membuat resah warga sekitar Teluk Bako. Diduga perubahan warna air irigasi disebabkan pembuangan limbah sembarangan.

Sekertaris Desa (Sekdes) Mangku Negara Aslahudin mengatakan,  Pihaknya bersama dengan pihak Kepolisian dan petugas Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Serang telah meninjau secara langsung ke lokasi untuk mencari tau penyebab berubahnya warna air irigasi. Meski diakui diduga kuat irigasi telah tercemar limbah yang sengaja dibuang di lokasi tersebut.

“Kami beserta jajaran pihak kepolisian dan Dinas lingkuan Hidup sudah meninjau secara langsung lokasi, untuk mencari tau penyebab berubahnya warna air irigasi tersebut, dugaan kami air tersebut tercemar limbah”, Ujarnya saat di temui di kantor Desa, Rabu 28/8.

Aslahudin menambahkan akibat pencemaran itu warga  Teluk Bako merasa dirugikan. Mengingat air irigasi tersebut dipergunakan warga untuk mengairi pelelangan ikan yang berada di Lingkungan setempat.

“Warga kami merasa di rugikan dengan cemaran air di limbah tersebut, mengingat air irigasi itu di gunakan warga untuk mengairi pelangan ikan yang ada di lingkungan itu”, imbuhnya

Sementara itu Kapolsek Bojonegara AKP Tri Sutrisno membenarkan adanya pencemaran lingkungan itu. Dimana sampai saat ini pihaknya tengah melakukan penyelidikan untuk mengetahui penyenab tercemarnya air irigasi

“Kami sedang melakukan proses penyelidikan, untuk mengetahui tercemarnya air tersebut”, katanya

Tri mengimbuhkan pencemaran air irigasi sudah terjadi cukup lama sekitar satu minggu lebih. Sehingga hal tersebut perlu dilakukan penyelidikan lebih mendalam untuk mengetahui penyebab pasti berubahnya warna air irigasi.

“pencemaran air ini sudak cukup lama, sekitar satu mingguan”, imbuhnya

Masih menurut Tri, sampai saat ini pihaknya belum mengetahui apa penyebab pasti yang membuat air irigasi berubah warna menjadi kemerahan. Namun, saat ini pihaknya masih menunggu hasil Cek Laboratorium yang dilakukan oleh Dinas Lingkungan Hidup(DLH) Kabupaten Serang.

“Pihak kami bersama dengan pihak Dinas Lingkungan Hidup masih terus melakukan penyelidikan, dan meminta keterangan dari sejumlah warga yang berada di sekitar saluran Irigasi”, tutupnya.

(*!-2 Red)

banner 468x60)

Serang Teluk Bakau Tercemar Limbah Warga di Rugikan

Posting Terkait

banner 468x60