KSOP Terus Tingkatkan Pengawasan dan Keselamatan

16 views
banner 468x60

Banten Inspiratif, CILEGON – Arus aktifitas kapal di sejumlah pelabuhan di Provinsi Banten meningkat, KSOP Banten akan mengatur zonasi daerah berlabuh jangkar kepada pelaku usaha terminal untuk kepentingan sendiri (TUKS) yang ada di Banten.

Menurut Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Banten Herwanto, menyampaikan, arus aktifitas di sejumlah pelabuhan yang ada di Banten setiap tahnunya mengalami peningkatan yang cukup siginfikan. Sehingga perlu dilakukanya aturan tentang zonasi berlabuh jangkar agar pelabuhan di Banten menjadi lebih baik lagi, sesaat setelah menghadiri kegiatan di salah satu hotel di Cilegon, Rabu 14/8.

“Arus aktifitas di sejumlah pelabuhan yang ada di Banten setiap tahnunya mengalami peningkatan yang cukup siginfikan. Sehingga perlu dilakukanya aturan tentang zonasi berlabuh jangkar agar pelabuhan di Banten menjadi lebih baik lagi”, ungkapnya.

Ia juga mengatakan KSOP terus meningkatkan pengawasan terhadap keselamatan dan keamanan pelayaran serta tidak mengganggu alur pelayaran di wilayah Pelabuhan Banten.

“Arus kapal di pelabuhan yang ada di Banten setiap tahunya mengalami peningkata yang cukup signifikan. Dimana, dalam setaun arus kapal dibanten mencapai 9974 kapal yang melakukan aktifitas bongkar muat barang maupun bongkar muat penumpang”, imbuhnya.

Masih menurut Herwanto saat ini di perairan Banten banyak ditemukan kapal-kapal yang bersandar bukan pada tempatnya. Sehingga hal tersebut dapat menggangu aktifitas kapal yang lainya dan juga dapat mengakibatkan kecelakaan kapal di perairan Banten.

“Rencana KSOP Banten yang akan mengatur zonasi daerah berlabuh jangkar kepada TUKS tersebut diharpakan dapat meningkatkan pemahaman tentang zonasi daerah berlabuh jangkar di Terminal Untuk Kepentingan Sendiri (TUKS). Dan juga dapat memberikan pengaruh terhadap
kegunaan Sarana Bantu Navigasi Pelayaran (SBNP) dan implikasinya dari Aspek Hukum di KSOP Kelas I Banten”, tutupnya

 

(*Red)

banner 468x60)

KSOP Terus Tingkatkan Pengawasan dan Keselamatan

Posting Terkait

banner 468x60