Partai Berkarya Intruksikan Fraksinya Di DPRD, Agar Prioritas Usulkan Anggaran Pendidikan

66 views

 

Banten Inspiratif, CILEGON – Demi tercipatanya pemerataan dunia pendidikan di semua wilayah. Ketua Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Partai Berkarya Provinsi Banten Helldy Agustian menegaskan kepada Fraksi Partai Berkarya yang berada di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Cilegon agar memprioritaskan usulan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Tahun 2020 untuk pemerataan dunia pendidikan.

“Selaku ketua DPW Partai Berkarya saya memerintahkan kepada Fraksi Partai Berkarya agar dapat mengusulkan kepada Pemerintah Kota untuk lebih meningkatkan anggaran pendidikan,” tuturnya kepada awak meida di kantornya, Sabtu (26/10/2019).

Ia pun menjelaskan, untuk memenuhi kebutuhan mutu pendidikan di Kota Cilegon, terutama fasilitas sekolah yang belum tersedia di setiap Kecamatan. Seperti Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN), yang belum ada di Kecamatan Purwakarta.

“SMP 12 sudah cukup lama diusulkan, untuk dibangun di wilayah Kecamatan Purwakarta. Saya berharap DPRD melakukan studi banding ke Kota-Kota lain yang sudah lebih merata fasilitas pendidikannya,” jelasnya.

Helldy pun menuturkan, pemerataan fasilitas dalam dunia pendidikan amat perlu dengan berlakunya sistem zonasi, agar semua warga mendapatkan akses untuk mengenyam pendidikan. Hal tersebut sesuai dengan amanat konstitusi yang tertuang dalam Undang-Undang Dasar 1945 pasal 31 ayat 1, yang berbunyi setiap warga negara berhak mendapat pendidikan. Maka, menurutnya pemerataan pendidikan di setiap Kecamatan adalah solusinya.

“Masyarakat di Kecamatan Purwakarta misalnya, dari 16 Sekolah Dasar Negeri (SDN) tidak ada SMPN, sehingga rasanya adil jika disemua Kecamatan memiliki SMPN,” katanya.

Terkait jumlah sekolah di tiap Kecamatan, ia pun mengagas dengan perbandingan antara jumlah SDN. Dimana jumlah antara SDN di suatu Kecamatan, agar berbanding lurus dengan SMPN.

“Amat disayangkan, bila siswa di Kecamatan Purwakarta ingin melanjutkan ke SMPN di kecamatan Jombang hanya ada 1 yakni SMPN 1 dimana disana pun ada 24 SDN, jika ingin melanjutkan SMPN di Kecamatan Grogol disana ada 14 SDN dan SMPN hanya 1 yaitu SMPN 3,” ungkapya.

Ia pun ingin agar kedepannya masyarakat Cilegon mendapatkan pendidikan yang layak, terutama fasilitas pendidikan di tiap-tiap Kecamatan. Serta guru-guru pun dapat ditingkatkan kualitasnya.

“Sehingga melalui pendidikan, terciptalah generasi kedepan yang jauh lebih baik,” harap pria bakal calon Walikota Cilegon tersebut.

Perlu diketahui, Rancangan APBD Tahun anggaran 2020 Kota Cilegon berada pada nilai atau angka Rp 1,796,21 miliar. Hal tersebut terungkap dalam rapat paripurna penyampaian rancangan anggaran pendapatan dan belanja daerah (R-APBD) Kota Cilegon 2020. Meskipun nilai tersebut mengalami penurunan, dibandingkan pada 2019 dimana APBD Kota Cilegon mencapai Rp 1,874 triliun.

 

(*1 Red)

Agar Prioritas Usulkan Anggaran Pendidikan Partai Berkarya Intruksikan Fraksinya Di DPRD

Posting Terkait